Jumat, 04 Desember 2020

Cara Menghapus Virus di Laptop

 


Tidak ada yang cukup seperti menyadari PC Anda, Mac, atau laptop terinfeksi dengan virus atau malware. Tapi dengan hati-hati dan tegas, menghapus virus bisa cepat dan mudah. Pelajari bagaimana untuk menghapus virus dari laptop Anda, PC, atau Mac sekarang, atau membiarkan alat bebas kami mengurus masalah untuk anda.

Bagaimana mendeteksi virus di PC Windows 10?

Hal ini tidak selalu jelas ketika komputer Anda terinfeksi. Beberapa tanda-tanda peringatan menunjukkan bahwa PC atau laptop Anda mungkin memiliki virus, Trojan, worm, atau beberapa jenis malware lainnya:

  1. Sebuah komputer yang berjalan sangat lambat

  2. Pop-up pesan yang muncul entah dari mana dan sulit untuk menghapus

  3. Program komputer tak dikenal meluncurkan sendiri

  4. Suara hard drive dalam aksi konstan

Salah satu gejala ini mungkin disebabkan oleh virus atau jenis malware yang berbeda. Jika Anda mengalami dua atau tiga dari mereka pada saat yang sama, itu adalah indikasi kuat bahwa Anda punya virus. Yang mengatakan, banyak malware modern, seperti spyware dan cryptomiers, keluar dari cara mereka untuk tetap tersembunyi mungkin.

Untuk menangkap mereka, kau harus mengunduh program antivirus sekarang. Anda dapat men-download AVG AntiVirus GRATIS dan memilikinya berjalan hanya dalam beberapa menit. Program Antivirus dilengkapi dengan scanner dan alat lainnya untuk menemukan virus dan malware, bahkan jika komputer Anda tidak menunjukkan salah satu gejala.

Jika PC Anda atau laptop tidak memiliki virus, mengambil tindakan-tindakan berikut. (Anda akan menemukan Mac info di bagian bawah halaman.)

Cara menghapus virus di laptop

Langkah-langkah ini harus bekerja tidak peduli apa jenis malware yang anda miliki pada sistem Anda. Prosedur ini efektif untuk Trojan atau adware karena virus run-of-the-mill.

Langkah 1: Masukkan Mode Aman

  1. Pegang kunci Shift, kemudian jalankan ulang komputer Anda dengan membuka menu Windows 10, mengklik ikon daya, dan mengklik ulang.

  2. Komputer Anda akan me-restart dan menampilkan menu dengan beberapa pilihan boot canggih. Pilih Troubleshoot.

  3. Pilih Opsi Lanjutan.

  4. Klik Pengaturan Startup.

  5. Klik Restart.

  6. Tekan 5 untuk memulai ulang dalam Mode Aman dengan Network, tapi jauhkan PC Anda terputus dari internet.

Langkah 2: Hapus berkas temporer

  1. Ketika Anda berada dalam Mode Aman, Hapus berkas sementara Anda memakai perkakas Pembersihan Disk:

  2. Pergi ke menu awal dan gulung ke Windows administratif Tools. Klik dan pilih Disk Cleanup dari menu drop-down.

  3. Begini Cara menghapus berkas temporer Anda setelah Anda dalam Mode Aman.

  4. Scroll melalui daftar" file untuk menghapus", dan pilih berkas temporer. Klik OK.

  5. Hapus file sementara Anda untuk membuatnya lebih mudah untuk mendeteksi virus.Menghapus berkas-berkas ini mungkin mempercepat pemindaian virus yang akan kau lakukan. Menghapus file sementara Anda bahkan dapat menyingkirkan malware Anda jika itu diprogram untuk memulai ketika komputer Anda boot up.

Langkah 3: Unduh sebuah pemindai Virus

Ada dua jenis scanner yang dapat mendeteksi dan menghapus virus komputer dan malware: real-time dan on-demand:

Pemindai real-time seperti AVG AntiVirus bebas scan virus di latar belakang sementara Anda menggunakan komputer Anda.

Sebuah pemindai sistem operasi on-demand seperti Microsoft Safety Scanner harus diaktifkan secara manual setiap kali Anda ingin memindai.

Dapatkan untuk Android, iOS, Mac

Menggunakan kedua jenis pemindai mungkin diperlukan untuk menghapus virus. Jika Anda tidak memiliki pemindai virus terpasang, Ini adalah waktu untuk berhubungan kembali ke internet dan download satu.

Bahkan jika Anda tidak dapat terhubung ke internet, Anda mungkin masih dapat men-download Microsoft Safety Scanner karena Anda mulai up komputer Anda dalam Mode Aman dengan Network.

Langkah 4: Jalankan pemindaian Virus

  1. Jalankan pemindai on-demand pertama, kemudian Anda real-time scanner.

  2. Salah satu dari mereka harus mampu mengidentifikasi virus dan menghapusnya, tapi menjalankan kedua pemindai meningkatkan peluangmu akan sukses.

  3. Bagaimana untuk menyingkirkan virus komputer

  4. Dalam bagian ini, kita menjelajahi bagaimana menyingkirkan virus komputer dari PC dan dari Mac.

  5. Menghapus virus komputer dari PC

  6. Virus komputer hampir tidak terlihat. Tanpa perlindungan anti-virus, Anda mungkin tidak tahu Anda memiliki satu. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menginstal perlindungan anti-virus pada semua perangkat Anda.

Langkah 5: putuskan dari internet

Ketika Anda menghapus virus dari PC Anda, adalah ide yang baik untuk memutuskan sambungan dari internet untuk mencegah kerusakan lebih lanjut: beberapa virus komputer menggunakan koneksi internet untuk menyebar.

Langkah 6: Reboot komputer Anda

Untuk melindungi komputer Anda saat Anda menghapus virus, reboot dalam 'Mode Aman'. Apa kau Tidak yakin bagaimana melakukan ini?

Berikut ini adalah panduan sederhana:

  1. Matikan komputermu dan nyalakan lagi.

  2. Ketika lampu layar, tekan F8 untuk membuka menu 'boot lanjutan'

  3. Klik 'Mode Aman dengan jaring'

  4. Tetap terputus dari internet

  5. Langkah 4: Hapus berkas temporer

  6. Selanjutnya, Anda perlu menghapus berkas temporer yang menggunakan 'Disk Clean Up'.

  7. Berikut adalah cara untuk melakukan hal ini:

  8. Klik logo Windows 10 di bagian kanan bawah

  9. Tipe " Berkas Temporer”

  10. Pilih " Kosongkan ruang disk dengan menghapus berkas yang tidak perlu”

  11. Cari dan pilih "Berkas Internet sementara" dalam daftar' file untuk menghapus ' Disk Cleanup dan klik OK

  12. Konfirmasi Seleksi "Hapus berkas"

Beberapa virus diprogram untuk memulai ketika komputer Anda boot up. Menghapus berkas sementara dapat menghapus virus. Namun, tidak aman untuk mengandalkan ini. Untuk memastikan kamu membersihkan virus komputer, adalah bijaksana untuk menyelesaikan langkah-langkah berikut.

Recover atau kembalikan setiap file yang rusak karena virus

Dengan asumsi scan terdeteksi dan dihapus virus, Anda mungkin perlu menginstal ulang berkas atau program yang rusak.

Ini adalah tempat backup berguna, dan kami sangat menyarankan Anda membuat mereka secara teratur, setidaknya sekali seminggu. Itu membuatnya mudah untuk mengembalikan berkas yang dihapus di Windows dan Mac perangkat. Untuk hasil terbaik, pastikan untuk mendapatkan hard drive eksternal.

Meningkatkan keamanan laptop dari virus

Menjaga perlindungan Anda up to date

Perbarui perangkat lunak antivirus untuk membantu melindungi laptop Anda atau PC terhadap semua jenis malware. Sangat penting untuk membuat alat keamanan cyber Anda saat ini karena virus baru sedang dibuat sepanjang waktu. Bahkan jika Anda membeli antivirus Anda sebulan yang lalu, mungkin perlu memperbarui sekarang. Periksa solusi antivirus AVG — mereka memasang dengan cepat dan update secara otomatis untuk perlindungan tanpa efek.

Buat cadangan

Membuat cadangan file Anda yang teratur dan menyimpannya pada hard drive eksternal, dengan layanan awan, atau keduanya. Hal ini dapat membantu mencegah hilangnya informasi penting jika Anda mendapatkan lain malware infeksi. Jika Anda belum membuat backup, sekarang adalah waktu yang baik untuk memulai.

Berikut adalah beberapa hal yang cepat dan mudah dapat Anda lakukan untuk menghindari download lagi malware:

  • Pasang program antivirus

  • Menyingkirkan virus atau malware pada Mac

  • Banyak pengguna Mac berpikir mereka tidak bisa mendapatkan virus, spyware, cacing, atau malware lainnya. Ini tidak benar, meskipun ada sedikit virus dan malware menargetkan Macs daripada ada untuk PCs dan laptop Windows. 

  • Nama-nama ini memberikan kesan menjadi produk antivirus, tetapi mereka semua berbahaya dan dirancang untuk menipu pengguna Mac untuk mengirimkan kartu kredit mereka atau rincian ID Apple. Jangan download.

Dua risiko utama wajah pengguna Mac adalah pesan peringatan palsu dan sebelumnya diinstal malware. Jika Anda melihat pesan apapun sambil meramban internet sepanjang baris "masalah telah terdeteksi dengan Mac Anda,"ini sangat mungkin menjadi upaya untuk mendapatkan Anda untuk mengunduh malware. Sebaliknya, membuat tips bagian berikut kebiasaan sehari-hari Anda Mac.

Abaikan pesan. Jika Anda tidak men-download apa pun dari situs, berhenti Safari (atau peramban apapun yang Anda gunakan), pergi ke folder pengunduhan, dan tarik item apapun di sana ke tempat sampah. Lalu kosongkan tempat sampah. Hindari mengunjungi situs lagi karena kemungkinan telah diretas.

Keluar dari aplikasi yang terinfeksi. Jika Anda berpikir malware telah dipasang pada Mac — terutama jika Anda melihat pesan pop-up Anda meminta detail Apple atau kartu kredit-Keluar aplikasi Anda pikir mungkin terinfeksi. Buka Monitor Aktivitas Anda dan cari aplikasi yang dipertanyakan, atau cari malware yang bernama diatas. Ketika Anda telah mengidentifikasi malware, klik tombol berhenti proses, kemudian keluar Monitor Aktivitas. Kemudian masuk ke folder aplikasi Anda dan tarik perangkat lunak yang tidak diinginkan ke tempat sampah, dan kosongkan tempat sampah.

Akhirnya, pastikan semua perangkat lunak dan aplikasi Anda up to date. Juga mengkonfirmasi bahwa Anda telah menginstal OS terbaru Perbaikan dan update langsung dari Apple.

Seperti PC, ide yang baik untuk menambahkan perlindungan. AVG AntiVirus untuk Mac adalah perangkat keamanan cyber yang bebas dan menyeluruh yang mendeteksi dan blok virus, spyware, ransomware dan malware lainnya secara langsung. Ini diperbarui secara otomatis untuk menjaga Mac Anda terhadap ancaman online terbaru. AVG AntiVirus untuk Mac juga membantu Anda melindungi keluarga dan teman — teman Anda dengan mendeteksi setiap PC atau ancaman bergerak bersembunyi di sistem Anda, kami akan mencegah Anda dari sengaja menginfeksi orang lain.

1 komentar: