Rabu, 02 Desember 2020

7 Cara Membuat Windows 10 Ringan di Laptop



Ingin Windows 10 untuk berjalan lebih cepat? Kami punya bantuan. Hanya dalam beberapa menit Anda dapat mencoba ini baker lusin tips; mesin Anda akan zippier dan kurang cenderung untuk kinerja dan masalah sistem.

1. Ubah Pengaturan daya Anda

Jika kamu menggunakan rencana "Power saver" Windows, kau memperlambat PC-mu. Rencana itu mengurangi kinerja PC-mu untuk menghemat energi. (Bahkan PC desktop biasanya memiliki rencana "Power saver".) Mengubah rencana listrik dari" Power saver "menjadi" performance High "atau" Seimbang " akan memberimu peningkatan kinerja instan.

Untuk melakukannya, meluncurkan aplikasi panel kontrol, lalu pilih perangkat keras dan suara > pilihan daya. Anda biasanya akan melihat dua pilihan: "diseimbangkan (disarankan)" dan "Power saver."(Tergantung pada make dan model Anda, Anda mungkin melihat rencana lain di sini juga, termasuk beberapa bermerek oleh produsen.) Untuk melihat pengaturan "kinerja tinggi", klik panah bawah oleh " Tampilkan rencana tambahan.”

Untuk mengubah pengaturan daya Anda, cukup pilih yang anda inginkan, kemudian keluar Panel Kontrol. "Kinerja tinggi" memberi Anda oomph paling, tetapi menggunakan daya yang paling; "seimbang" menemukan media bahagia antara penggunaan kekuatan dan kinerja yang lebih baik; dan "Power saver" melakukan segala sesuatu yang bisa untuk memberikan anda sebanyak mungkin kehidupan baterai. Pengguna Desktop tak punya alasan untuk memilih "Power saver," dan bahkan pengguna laptop harus mempertimbangkan opsi "Defeated" ketika unplugged — dan "High Feather" ketika terhubung ke sumber daya.

2. Nonaktifkan program yang berjalan saat mulai

Salah satu alasan Windows 10 PC Anda mungkin merasa lembam adalah bahwa anda punya terlalu banyak program yang berjalan di background — program yang Anda jarang atau tidak pernah menggunakan. Hentikan mereka agar tidak lari, dan PC-mu akan berjalan lebih lancar.

Mulai dengan meluncurkan Manajer Tugas: tekan Ctrl-Shift-Esc, kanan-klik di sudut kanan bawah layar Anda dan pilih Manajer Tugas, atau ketik manajer tugas ke dalam kotak pencarian Windows 10 dan tekan Enter. Jika manajer tugas diluncurkan sebagai aplikasi kompak tanpa Tab, klik "rincian lebih lanjut" di bagian bawah layar Anda. Manajer Tugas akan muncul di semua kejayaannya. Ada banyak yang dapat Anda lakukan dengan itu, tapi kita akan fokus hanya pada membunuh program yang tidak perlu yang berjalan pada startup.

Klik tab Startup. Anda akan melihat daftar program dan layanan yang diluncurkan ketika Anda Mulai Windows. Termasuk pada daftar adalah nama setiap program serta penerbit, apakah itu diaktifkan untuk menjalankan pada startup, dan "dampak awal," yang adalah berapa banyak memperlambat Windows 10 ketika sistem mulai naik.

Untuk menghentikan suatu program atau layanan dari launching saat startup, klik kanan dan pilih "Nonaktifkan."Ini tidak mematikan program seluruhnya; itu hanya mencegah peluncuran pada saat startup — Anda selalu dapat menjalankan aplikasi setelah peluncuran. Juga, jika nanti Anda memutuskan ingin meluncurkannya pada saat startup, Anda dapat kembali ke area ini dari Manajer Tugas, klik kanan aplikasi dan pilih "Aktifkan.”

Banyak program dan layanan yang dijalankan saat awal mula mungkin tak asing bagimu, seperti OneDrive atau Evernote Clipper. Tapi kau mungkin tidak mengenali banyak dari mereka. (Siapa pun yang segera tahu apa "bzbui.exe" ini, silahkan mengangkat tangan Anda. Tidak adil Googling itu pertama.)

Manajer Tugas membantumu mendapatkan informasi tentang program-program asing. Klik kanan sebuah item dan pilih "properti" untuk informasi lebih lanjut tentang itu, termasuk lokasinya di hard disk Anda, apakah ia memiliki tanda tangan digital, dan informasi lain seperti nomor versi, Ukuran berkas dan terakhir kali ia dimodifikasi.

Anda juga dapat klik kanan butir dan pilih "Buka Lokasi Berkas."Itu membuka File Explorer dan membawanya ke folder di mana file Terletak, yang mungkin memberikan petunjuk lain tentang tujuan program.

Akhirnya, dan yang paling membantu, Anda dapat memilih "cari online" setelah Anda klik kanan. Bing akan meluncurkan link ke situs dengan informasi tentang program atau layanan.

Jika Anda benar-benar gugup tentang salah satu aplikasi terdaftar, Anda dapat pergi ke situs dijalankan oleh alasan Perangkat Lunak disebut Haruskah aku memblokirnya? dan cari nama berkas. Anda biasanya akan menemukan informasi yang sangat solid tentang program atau layanan.

Sekarang Anda telah memilih semua program yang ingin Anda matikan saat startup, saat berikutnya Anda menjalankan ulang komputer Anda, sistem akan jauh lebih tidak peduli dengan program yang tidak perlu.

3. Gunakan ReadyBoost untuk mempercepat cache disk

Windows 10 secara teratur menyimpan data di harddisk Anda, dan kemudian bila perlu data, ambil dari sana. Waktu yang diperlukan untuk mengambil data cache tergantung pada kecepatan harddisk Anda. Jika Anda memiliki harddisk tradisional bukan SSD, ada trik yang dapat membantu mempercepat tembolok Anda: gunakan fitur baca-ulang Windows' ReadyBoost. Ini memberitahu Windows untuk cache data ke USB flash drive, yang lebih cepat daripada hard disk. Mengambil data dari cache speedier seharusnya mempercepat Windows.

Pertama, pasang flash drive USB ke salah satu port USB PC Anda. Flash drive itu harus didukung setidaknya USB 2.0, dan sebaiknya USB 3 atau lebih cepat. Semakin cepat flash drive Anda, lebih dari dorongan kecepatan Anda harus melihat. Juga, cari flash drive yang paling tidak dua kali lipat dari RAM PC Anda untuk performa maksimum.

Setelah Anda pasang dalam drive, Buka File Explorer dan klik "PC ini."Cari flash drive. Mungkin ada nama yang aneh, seperti UDISK 28X, atau sesuatu yang bahkan kurang jelas. Klik kanan, pilih Properti dan klik tab ReadyBoost.

Anda akan datang ke layar yang menanyakan apakah anda ingin menggunakan flash drive sebagai tembolok dan merekomendasikan sebuah ukuran tembolok. Tinggalkan ukuran tembolok seperti atau ubah jika Anda suka. Lalu pilih "dedikasikan perangkat ini untuk ReadyBoost" dan klik lalu klik OK.

(Perlu dicatat bahwa jika Anda melihat pesan, "perangkat ini tidak dapat digunakan untuk ReadyBoost" ketika Anda klik tab ReadyBoost ReadyBoost yang berarti flash drive Anda tidak memenuhi standar kinerja ReadyBoost minimum ReadyBoost, sehingga Anda harus memasukkan yang baru.)

Ketika Anda menggunakan komputer Anda, ReadyBoost akan mulai mengisi cache dengan file, sehingga Anda dapat melihat peningkatan aktivitas disk. Tergantung berapa banyak Anda menggunakan PC Anda, dapat mengambil beberapa hari cache anda untuk mengisi dan menawarkan kinerja maksimum perbaikan. Jika Anda tidak melihat peningkatan kinerja, cobalah flash disk dengan lebih banyak kapasitas.

4. Matikan Tips dan trik Windows

Ketika Anda menggunakan Windows 10 PC, Windows terus mata pada apa yang Anda lakukan dan menawarkan tips tentang hal-hal yang mungkin ingin Anda lakukan dengan sistem operasi. Dalam pengalamanku, aku jarang menemukan "tips" ini. Saya juga tidak suka privasi implikasi Windows terus-menerus mengambil tampilan virtual di bahuku.

Windows menyaksikan apa yang Anda lakukan dan menawarkan saran juga dapat membuat komputer Anda berjalan lebih lambat. Jadi jika kau ingin cepat, beritahu Windows untuk berhenti memberi saran. Untuk melakukannya, klik tombol Awal, Pilih ikon Pengaturan dan kemudian pergi ke sistem > notifikasi & aksi. Scroll ke bagian Notifikasi dan hapus contreng kotak bertanda "Dapatkan tips, trik, dan Saran Ketika Anda menggunakan Windows.”

5. Berhenti OneDrive dari sinkronisasi

Microsoft cloud-based drive file storage, dibangun ke Windows 10, terus file synced dan up to date pada semua PC Anda. Ini juga merupakan alat cadangan yang berguna sehingga jika PC Anda atau harddisk mati, Anda masih memiliki semua file Anda utuh, menunggu Anda untuk mengembalikannya.

Ini melakukan ini dengan terus-menerus mensinkronkan file antara PC Anda dan penyimpanan awan — sesuatu yang juga dapat memperlambat PC Anda. Itulah mengapa salah satu cara untuk mempercepat PC Anda adalah untuk menghentikan sinkronisasi tersebut. Sebelum Anda mematikannya secara permanen, meskipun, Anda akan ingin memeriksa apakah itu benar-benar memperlambat PC Anda.

Untuk melakukannya, klik kanan pada ikon OneDrive (sepertinya awan) di area notifikasi pada sisi kanan batang tugas, lalu klik tombol lebih banyak di bagian bawah layar. Dari layar popup yang muncul, klik" Pause syncing " dan pilih antara 2 jam, 8 jam atau 24 jam, tergantung pada berapa lama Anda ingin istirahat sejenak. Selama waktu itu, periksa apakah Anda melihat dorongan kecepatan yang nyata.

Jika demikian, dan Anda memutuskan Anda memang ingin mematikan sinkronisasi, klik kanan ikon OneDrive, dan dari popup, pilih Pengaturan > Akun. Klik" Buka Tautan PC ini, "dan kemudian dari layar yang muncul, klik" Unlink akun."Ketika anda melakukan itu, Anda masih akan dapat menyimpan file Anda ke folder OneDrive lokal Anda, tetapi tidak akan sync dengan awan.

6. Matikan pengindeksan pencarian

Windows 10 indexes hard disk Anda di latar belakang, memungkinkan Anda — dalam teori-untuk mencari PC Anda lebih cepat daripada jika tidak ada pengindeksan sedang dilakukan. Tetapi PC lambat yang menggunakan pengindeksan dapat melihat hit kinerja, dan Anda dapat memberi mereka dorongan kecepatan dengan mematikan pengindeksan. Bahkan jika Anda memiliki disk SSD, mematikan pengindeksan dapat meningkatkan kecepatan Anda, karena tulisan konstan ke disk yang mengindeks-an akhirnya dapat memperlambat SSD.

Untuk mendapatkan manfaat maksimum di Windows 10, Anda perlu mengubah pengindeksan sepenuhnya. Untuk melakukannya, dengan tipe layanan.msc di kotak pencarian Windows 10 dan tekan Enter. Aplikasi Layanan muncul. Scroll ke daftar layanan pengindeksan atau Pencarian Windows di daftar layanan. Klik ganda itu, dan dari layar yang muncul, klik Stop. Kemudian reboot mesin Anda. Pencarian Anda mungkin sedikit lebih lambat, meskipun Anda mungkin tidak melihat perbedaan. Tapi kau harus meningkatkan kinerja keseluruhan.

7. Bersihkan harddisk

Jika kau punya harddisk yang membengkak penuh dengan file yang tidak kau butuhkan, kau bisa memperlambat PC-mu. Membersihkannya keluar dapat memberikan dorongan kecepatan. Windows 10 memiliki mengejutkan berguna built-in alat untuk melakukan hal ini disebut rasa penyimpanan. Pergi ke Pengaturan > Sistem Penyimpanan > dan di bagian atas layar, pindahkan jungkit dari ke atas. Ketika anda melakukan ini, Windows terus — menerus memonitor komputer Anda dan menghapus berkas sampah lama Anda tidak lagi perlu-berkas sementara, berkas dalam folder pengunduhan yang belum diubah dalam satu bulan, dan berkas Recycle Bin lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar